Sabtu, 04 Januari 2014

#

FASE PERTUMBUHAN LEBAH


          Semua makhluk hidup pasti mengalami fase pertumbuhan yang berbeda-beda, tanpa terkecuali pula sebuah lebah yang selma ini kita kenal sebagai serangga yang suka menyengat dikala kita mengganggunya, namun disisi lain dari lebah ini keluar madu yang menjadi obat dari berbagai penyakit.
Berikut ini fase-fase pertumbuhan yang terjadi pada lebah :
1. Lebah ratu
Menetas dalam waktu 3 hari, menjadi larva selama 5 hari, terbentuk benang penutup selama 1 hari, istirahat 2 hari, dan perubahan larva menjadi pupa/kepompong selama 3 hari, jadi dari keseluruhan waktu yang diperlukan telur sampai menjadi lebah sempurna adalah selama 15 hari.
2. Lebah pekerja
                Menetas dalam waktu 3 hari, menjadi larva selama 5 hari, terbentuk benang penutup selama 2 hari, istirahat 3 hari, perubahan larva menjadi pupa selama 1 hari, dan akan menjadi pupa selama 7 hari. Jadi diperlukan 21 hari untuk sebuah lebah pekerja mencapai bentuk sempurna.
3. Lebah pejantan
                Menetas dalam waktu 3 hari, menjadi larva selama 6 hari, terbentuk benang penutup selama 3 hari, istirahat 4 hari, dan perubahan larva menjadi pupa selama 7 hari. Jadi diperlukan 24 hari untuk menjadikan lebah jantan mencapi bentuk sempurna


Referensi dari buku budidaya lebah madu karya Ahmad Widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kirim komentar jika ada yang kurang paham