Jumat, 07 Maret 2014

#

PENGOLAHAN LILIN LEBAH/BEESWAX

Lilin lebah atau yang biasa dikenal dengan sebutan beeswax dihasilkan oleh lebah pekerja sebagai sarang untuk menyimpan madu dan larva. Beeswax tersusun dari ester asam lemak dan senyawa alkhohol.
lilin lebah sebelum diekstrak






Gambar diatas merupakan bentuk lilin lebah sebelum diekstrak untuk memisahkan kotorannya, perlu diketahui bahwa setelah diestrak hanya kurang lebih 40% yang akan menjadi lilin murni.
Beeswax siap dikemas
Pengekstrasian ini dilakukan dengan memasak lilin yang baru dari sarang dengan menggunakan nyala api rendah sampai lilin tersebut meleleh, setelah meleleh cairan tersebut akan melalui proses pemfilteran untuk memisahkan kotoran sampailah didapatkan cairan lilin murni yang terbebas dari kotoran. baru cairan ini akan dicetak pada wadah sesuai dengan ukuran yang dikehendaki oleh costumer.
Sebagai contoh:
Dari 100 kg lilin yang diproses hanya kurang lebih menghasilkan 40 kg lilin murni,
gudang lebah  selalu menyediakan produk-produk perlebahan yang bermutu dan keaslihan selalu dijaga demi kepuasan pelanggan.

1 komentar:

  1. Beeswax, Lilin Alami Sejuta Manfaat!
    Kandungan beeswax sejak zaman dahulu telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, diantaranya untuk pemoles perabot, lantai kayu, tas & sepatu kulit.

    Contoh produk yang menggunakan beeswax : www.biopolish.com

    BalasHapus

Silahkan kirim komentar jika ada yang kurang paham